Posted in Social Life

Sosiologi

Peran Keluarga dalam Perubahan Sosial

Menurut pendapat saya, peran keluarga terhadap seseorang dapat menimbulkan perubahan sosial di masyarakat. Keluarga adalah salah satu jenis institusi sosial yang terdapat di dalam masyarakat. Keluarga menjadi satuan sosial yang paling dasar dan terkecil di dalam masyarakat yang terbentuk melalui perkawinan. Keluarga juga merupakan kelompok sosial yang di mana menjadi tempat dilahirkan dan dibesarkannya seseorang. Hampir dalam setiap masyarakat, keluarga menjadi pusat kehidupan secara individual yang di dalamnya terdapat hubungan erat dalam derajat yang tinggi.

Menurut Horton dan Hunt, keluarga mempunyai fungsi-fungsinya terhadap seseorang dalam rangka mendorong terjadinya perubahan sosial. Pertama, keluarga berfungsi untuk mempertahankan kelangsungan hidup manusia melalui fungsi reproduksi atau melanjutkan keturunan. Kedua, keluarga mempunyai fungsi afeksi, yaitu dengan memenuhi kebutuhan dengan memberikan kasih sayang terhadap seorang anak. Ketiga, keluarga mempunyai fungsi sosialisasi dalam membentuk kepribadian si anak dan menyosialisasikan anggota baru masyarakat sehingga dapat memerankan apa yang diharapkan darinya. Keempat, keluarga juga memberikan status pada seorang anak yang bukan hanya status yang diperoleh tetapi juga status yang diraihnya. Kelima, fungsi proteksi keluarga untuk melindungi anggotanya sehingga memperoleh ketentraman lahir dan batin. Keenam, fungsi ekonomi dalam mengatur keuangan di dalam keluarga dalam memenuhi kebutuhan hidup anggotanya.

Keluarga yang merupakan salah satu dari agen sosialisasi menjadi lingkungan sosial yang pertama dan terutama hampir bagi setiap orang. Melalui interaksi sosial yang terjadi dalam keluarga, anak pertama kali akan mempelajari pola-pola tingkah laku, sikap, keyakinan, cinta, cita-cita, dan nilai-nilai masyarakat dalam rangka perkembangan dan perubahan dirinya. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa bayi yang lahir itu dalam keadaan seperti kertas putih yang bersih, tidak bercacat, dan tidak bernoda sedikitpun. Baik buruknya di kemudian hari akan bergantung kepada orang-orang di sekitarnya yang bisa mempengaruhi dan mengisi kertas putih tersebut. Dalam pengertiannya, seorang bayi sampai menjadi dewasa dan tua, segala sikap, tingkah laku, dan wataknya akan banyak ditentukan oleh keterlibatannya dalam proses sosial guna terjadinya perubahan sosial yang positif di lingkungan masyarakatnya. Idealnya dalam keluarga terjadi hubungan sosial penuh kemesraan dan afektif yang tumbuh sebagai akibat hubungan cinta kasih yang dapat melahirkan hubungan persaudaraan, persahabatan, kebiasaan, dan kesamaan pandangan mengenai nilai-nilai. Dasar cinta kasih ini menjadi sangat penting bagi perkembangan dan perubahan pribadi, terutama anak-anak.

Peranan keluarga menjadi dasar pendukung utama struktur sosial yang lebih luas. Peran dan tingkah laku yang dipelajari dalam keluarga merupakan contoh atau prototipe peran dan tingkah laku yang diperlukan pada segi-segi lainnya dalam sendi-sendi di masyarakat. Isi proses pemasyarakatan ialah tradisi kebudayaan masyarakat itu sendiri dengan meneruskannya pada generasi berikutnya di mana keluarga berfungsi sebagai saluran penerus yang tetap menghidupkan kebudayaan itu demi terjadinya suatu perubahan sosial.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa keluarga merupakan suatu unsur struktur sosial yang paling dasar, utama, dan terkecil dalam masyarakat. Keluarga juga mempunyai fungsi-fungsi, seperti reproduksi, afeksi, sosialisasi, definisi status, proteksi, dan ekonomi. Dalam keluarga, seseorang dibentuk sikap, kepribadian, dan ditanamkan nilai-nilai melalui proses sosialisasi yang dapat mempengaruhi perkembangannya dengan melibatkan dirinya dalam suatu proses sosial guna terjadinya perubahan sosial yang baik di dalam tatanan masyarakat.       

 

            

Author:

i'm single, free, and very happy....

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s