Posted in Job

Etika Profesi

Metode Pendekatan Etika Profesi

  oleh: Alvin Agustino Saputra

          Selama ini kita sudah sering mendengar istilah mengenai etika profesi dalam kehidupan  manusia. Etika profesi merupakan suatu sistem atau tata cara terhadap nilai-nilai yang berhubungan dengan pekerjaan seseorang dalam bidang tertentu yang dipengaruhi oleh pendidikan dan keahlian. Bidang-bidang tertentu yang berkaitan dengan profesi, seperti kedokteran, hukum, kepustakaan, ekonomi, dan politik. Seseorang yang bekerja sesuai keahliannya tidak dapat langsung dikatakan sebagai profesi karena dibutuhkan profesionalisme yang tinggi dan unsur keselarasan antara teori/teknis dengan praktik keahlian di lapangan. Profesi memiliki suatu orientasi yang utama, yaitu kepentingan orang banyak dengan menggunakan keahlian yang dimiliki. Etika dalam berprofesi merupakan hal yang sangat penting karena bisa menjadi pedoman bagi seseorang untuk bekerja dalam menjalankan tugasnya dengan baik.

Profesi merupakan bagian dari pekerjaan, tetapi tidak semua pekerjaan merupakan profesi (Erfan Rusdi, 2008). Profesi menjadi bentuk dari pekerjaan yang mengharuskan seseorang mendapatkan pengetahuan dari pendidikan formal dan memiliki ketrampilan yang didapat dari pengalaman kerja. Menurut Kahlil Gibran, seseorang yang profesional adalah orang yang mencintai profesinya. Dengan mencintai profesi, orang akan terpacu untuk terus mengembangkan kemampuan yang mendukung profesi tersebut. Dalam mempelajari etika profesi, ada beberapa metode atau pendekatan yang bisa digunakan, yaitu pendekatan kritis refleksif dan pendekatan dialogis. Pendekatan-pendekatan ini bisa dipakai oleh seseorang yang mempunyai profesi tertentu dalam menilai apakah yang sudah dilakukannya terhadap bidang atau pekerjaan tertentu.

Pendekatan etika profesi yang pertama adalah pendekatan kritis refleksif.  Takwin (1997) mendefinisikan kritis adalah suatu usaha yang aktif, sistematis, dan masuk akal, mempertimbangkan berbagai perspektif untuk memahami dan mengevaluasi suatu hal dengan tujuan apa hal itu dapat diterima, ditolak, atau ditangguhkan penilaiannya. Sedangkan refleksif adalah suatu usaha untuk melihat kondisi apa yang sedang, sudah, dan akan dilakukan oleh seseorang. Jadi, pendekatan kritis refleksif itu membuat seseorang merenungkan secara kritis segala sesuatu yang telah ia lakukan selama ia bekerja, baik pada saat itu maupun pada saat mendatang nanti.

Pendekatan etika profesi yang kedua adalah pendekatan dialogis. Dialogis berarti mempunyai sifat hubungan antara dua pihak. Pendekatan ini membutuhkan seseorang untuk berdialog dengan menggunakan pertimbangan-pertimbangan moral yang menjadi dasar bagi hubungan profesionalnya. Pertimbangan-pertimbangan moral yang baik membutuhkan sikap awal yang jernih dalam melihat kasus/bentuk pelayanan, norma etis, cara berpikir yang logis dan rasional, serta informasi yang memadai tentang kasus atau bentuk pelayanan yang ditanganinya.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa etika profesi pada prinsipnya adalah etika yang berkaitan dengan profesi atau etika yang diterapkan dalam dunia kerja manusia. Etika profesi juga dapat dirumuskan sebagai bagian dari etika yang membahas masalah etis tentang bidang-bidang yang berkaitan dengan profesi tertentu. Melalui pendekatan kritis refleksif dan pendekatan dialogis, etika profesi dijadikan pedoman untuk menuntun dengan berbagai pertimbangan moral dan sikap-sikap yang bijak bagi seseorang dalam bekerja menjalankan tugasnya dengan sebaik mungkin sehingga tercapailah tujuan yang diinginkan.

 

Daftar Pustaka

D. Z, Miranda. 2010. Buku Orientasi Belajar Mahasiswa (OBM). Jakarta: Balai Penerbit FKUI.

Meliono, Irmayanti, YP & YP Hayon dkk.. 2009. Buku Ajar I Filsafat, Logika, dan Pancasila.

Jakarta: Balai Penerbit FKUI.

Rusdi, Erfan. 2008. Etika Profesi- Dosen Pengampu: Erfan Rusdi, S. Kom.. Diunduh 4 September 2010 dari http://www.proudtobecreative.blogspot.com.html.

Tim Penulis. 2008. Buku Ajar 1 MPKT Logika, Filsafat Ilmu dan Pancasila. Depok: PDPT UI.

 

 

Author:

i'm single, free, and very happy....

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s